Air Terjun Coban Jahe Malang

lokasi air terjun coban jahe malang
Lokasi Air Terjun Coban Jahe berada di desa Pandansari Lor, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang, Jawa Timur. Terletak di area perhutani unit II Jawa Timur KPH Malang. Dari Kota Malang sekitar 23 km arah timur, atau searah dengan jalan raya menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Rute jalan menuju air terjun coban jahe, jika dari kota Malang patokannya setelah melewati gapura selamat datang di Kota Tumpang, ada penunjuk arah menuju coban Jahe tidak jauh dari gapura tersebut. Dari sini ada pertigaan jalan masuk ke arah kiri, menuju perkampungan penduduk. Jalan yang harus dilalui hingga lokasi air terjun masih sekitar 7 km lagi. Sepanjang jalur tidak banyak penunjuk jalan, jadi harus sering bertanya kepada penduduk setempat.

lokasi air terjun coban jahe
Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Coban Jahe

Perlu diperhatikan jika 1,5 km sebelum lokasi air terjun Coban Jahe, rute jalan masih berupa jalan setapak. Beberapa bagian bahkan harus melewati pematang sawah. Jika sedang musim hujan kondisinya becek dan licin. Jadi tidak disarankan menggunakan kendaraan bermotor, lebih baik berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan.

Sesampainya di lokasi air tejun Coban Jahe, kita disuguhi panorama alam yang masih sangat alami. Hampir belum ada sentuhan fasilitas pendukung, untuk kenyamanan pengunjung. Semua serba apa adanya, bahkan jika bukan musim liburan tidak ada yang menjaganya. Jadi bisa bebas masuk tanpa dipungut biaya.

alamat air terjun coban jahe malang

Melihat dari dekat air terjun coban jahe, nampak indah dengan kealamiannya. Di sekitar air terjun dikelilingi dinding-dinding padas yang menjulang tinggi. Pohon dan semak tumbuh rimbun, menjadikan suasana rindang dan hawa yang segar.  Air terjunnya sendiri perkiraan memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dengan debit air cukup deras. Dengan potensi yang ada, air terjun coban jahe memiliki daya pikat wisata jika dikelola dengan baik.

Sejarah Air Terjun Coban Jahe

lokasi taman makam pahlawan kali jahe malang
Taman Makam Pahlawan Kali Jahe

Menilik sejarah Air terjun coban Jahe, dinamakan demikian karena menurut cerita berawal dari kisah gugurnya tentara pejuang kemerdekaan di sekitar lokasi. Nah istilah meninggal ini dalam bahasa Jawa disebut “pejah” atau “pejahe”. Dari kata “pejahe” inilah yang akhirnya dijadikan nama air terjun tersebut. Dan hingga kini lebih dikenal dengan nama air terjun Coban Jahe. Jika kita menuju kesana, sekitar setengah kilo meter sebelum lokasi air terjun, terdapat makam Pahlawan kali Jahe, sebagai tempat persemayaman pejuang kala itu.

Sumber:
Wisata Air Terjun Coban Jahe, Malang Jawa timur
66 Komentar untuk "Air Terjun Coban Jahe Malang"

Air terjun Coban Jahe sepertinya masih belum terjamah banyak orang... coban jahe tak sekadar menawarkan keindahan air terjunnya yang indah, bahkan bisa menyuguhkan kealamian alam sekitarnya sekaligus menghadirkan tantangan bagi pengunjungnya.

Wahhh bagus banget :3
Sayangnya itu yaa akses kesana 7 km dan harus jalan kaki... Itu merupakan hambatan tersendiri... Tapi kalau idah niat gitu 7 km nggak ada apa apanya yaa... :))

wh, pemandanganya pasti indah.!! he jadi pengen kesana gan

air terjun sarat sejarah ini mas, wisata alam sekaligus wisata sejarah

cocok banget nich lokasinya buat jalan-jalan sama temen-temen

wah enaknya gini sam,kapan kapan mau main ke perum asrikaton.lalu ngajak tuan rumahnya buat jadi petunjuk jalan ke coban jahe.
deal??

yg sering kesana si adminnya tuh

di kota Malang sagat banyak tempat ekotik air terjun yang rupawan dan menawan hati untuk dinikmati percikan air terjunnya, terutama percikan air terjun Coban Jahe ini nih

bueehhh seger banget dan gambar di sebelah air terjun akik kali ya mas...hati-hati kalau dijarah pencinta akik...malah air terjunnya jadi rusak. ternyata malang memang banyak juga mempunyai tempat wisata bagus dan gratis lagi untuk masuk ke air terjun koban jahe ya mas...ok makasih saya nunggu di ajak aja ya mas. heee

di air terjun itu ada bidadari mandinya gak?

wah indah juga gan air terjuan di malang ini, memang malang ini kayaknya banyak tempat wisata yang enak untuk tempat refresing ya mas

Di kirain deket kebon jahe, eh ternyata keliru

memangnya dekat dgn apa Mba Susi.. ?.. ooo kebon jaheee..he.he.he

aahh.. Mas wong bikin jeles sj.., jalan2 terus...huhuhuhu

bruan ke malang, santai2 disini

Saya malah belum sempat main di lokasi wisata alam air terjun coban Jahe Malang ini, nanti kapan-kapan pas mampir ke Malang coba lihat kondisi nya deh. Jadi pengen balik ke Malang. Tapi harus pulang dulu nih. he,, he, he,,

sudah berubah, tuh kayak yg diatas bidadarinya

deal...sangune sing okeh sam

apalgi buat pacaran, sepii, biasanya banyak yg disemak2

sebelah rumah, loncat dikit...

hehe itu bidadari berkumis ya

kalau lihat air terjun pasti pengennya main-mainin air, karena dijamin air ini asli dan dapat menyegarkan semua anggota tubuh..

cek siapa keliru?
ke rekening siapa jadinya?

saya sanguni semua
dengan doa

sejuk kan

hahh?
coba dua puluh tahun lalu

ohh ada sejarah kata pejah to sebelumnya
wahh kan saya baru tau sekarang
kemaren padahal saya belum tau lho
berarti saya keren apa nggak?

di rumah juga bisa
isi teko tuh bisa buat main air

dikirain ada pohon jahe nya ternyata hanya namanya saja iya mas wong :)

airnya bedhe banget mas, tp jalannya menuju ke tkp masih lumayan susah ya.

Indah nan sejuk pastinya kalo berkunjung kesana, cocok kalo lagi ada masalah langsung kesana nanti masalah jadi hilang he :D

malang memang banyak tempat yang indah alami ya mas

Air terjun nya indah
Warnanya ramah
Dimata terasa berkah
Hingga kehati menjadi sumringah...

Kapan aku bisa ke sini. pemandangannya masih asri banget :)

keren dan indah sekali air terjunnya mas,, pemandangan alamnyapun sangat adem dan sejuk kelihatannya :D.

ini saldonya tambah membengkak

sebenarnya lebih adem di kulkas, kalo air terjun coban jahe memang keren mas

alhamdulillah bisa menikmatinya setiap hari mas :)

monggo mas, banyakin masalah, supaya bisa sering berkunjung ke air terjun coban jahe malang

jalan ke air terjun coban jahe memang agak sulit, tapi malah cocok untuk trekking

air terjun coban jahe di malang memang keren gan

iya itu ada sejarahnya nama coban jahe

keren lah kalo mas zach, nggak diragukan lagi

monggo bang Indra, mampir ke air terjun coban jahe

betul mas, itu malah menantang, itu yang dicari.

harus dari pagi ya kalau mau ke sini... supaya lebih santai...

indah sekali gan mantap terimakasih infonya
salam kenal dari kami
http://www.nolimitadventure.com/

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top